Kanker Payudara : Penyebab | Gejala | Jenis Kanker Payudara Stadium 1| Stadium 2 | Stadium 3 | Stadium 4 | Cara Pengobatan Kanker Payudara

Cara Pengobatan Kanker Payudara Stadium 1

Share on :
Banyak sekali suplemen kesehatan yang beredar di pasaran bahkan di dunia maya (on line) yang menawarkan pengobatan kanker payudara stadium 1. Di artikel sebelumnya di blog ini sudah dijelaskan Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1 dan Gejala Kanker Payudara Stadium 1. Dalam bahasan kali ini,
kita akan mendiskusikan cara pengobatan untuk penderita kanker payudara stadium 1. Kita tahu harapan sembuh total untuk penderita kanker payudara stadium 1 bisa mencapai 70%, oleh karena itu jika seorang wanita sudah terdeteksi sejak awal adanya benjolan di payudara segera periksakan ke dokter ahli penyakit ini untuk pengobatan selanjutnya.


Kemungkinan pasien bertahan dengan sel kanker pada payudaranya sangat ditentukan sejak awal mula sel kanker itu ditemukan. Menurut The American Cancer Society, 100 persen dari wanita dengan stadium 1 kanker payudara hidup setidaknya lima tahun, dibandingkan dengan wanita tanpa kanker. Pada stadium 4, tingkat kelangsungan hidup lima tahun relatif menurun hingga 20 persen. 

Cara pengobatan yang paling penting untuk pasien yang sedang menderita kanker payudara stadium 1 adalah menghindari (pantang) makanan-makanan di bawah ini :

  • Sayur-sayuran seperti : Tauge, Sawi putih dan kangkung, Cabai.
  • Buah-buahan seperti : Lengkeng,  nangka,Durian, duku, nanas, dan anggur menghasilkan alkohol  sehingga merangsang berkembangnya sel kanker.
  • Minuman ringan atau soft drink bersifat karsinogen.
  • Es atau minuman dingin mengganggu kelancaran peredaran darah.
  • Alkohol merangsang aktivitas bawah sadar sehingga jumlah oksigen dalam tubuh menurun.
  • Daging dan Ikan Asin seperti :Daging (sapi, kerbau, kambing, babi) memfasilitasi pertumbuhan sel yang tidak normal.
  • Makanan yang Diawetkan
  • Sea food seperti : Udang, kerang, kepiting, cumi mengandung kandungan lemak tinggi. Penderita kanker atau tumor harus mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi karena bisa merangsang berkembangnya sel kanker.
  • Daging Unggas

Selain itu ada beberapa cara pengobatan untuk pasien yang menderita kanker payudara stadium 1 antara lain :

Bedah
Ada banyak jenis operasi kanker payudara, dari mengeluarkan benjolan (lumpectomy atau operasi konservasi payudara) hingga menghapus seluruh payudara (mastectomy). Anda bisa membahas ini dengan dokter Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Terapi Radiasi
Terapi radiasi dilakukan dengan menggunakan energi sinar yang tinggi untuk membunuh sel-sel kanker. Biasanya digunakan setelah operasi kanker payudara untuk menghapus sel-sel kanker yang masih tersisa. Atau bisa juga digunakan bersamaan kemoterapi untuk pengobatan kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.  Efek samping bisa termasuk kelelahan dan pembengkakan atau perasaan terbakar sinar matahari.

Kemoterapi
Kemoterapi merupakan pengobatan untuk membunuh sel-sel kanker di mana saja di tubuh. Obat-obatan yang sering diberikan adalah jenis IV, namun kadang-kadang diambil melalui mulut atau ditembak.  Kemoterapi dapat dilakukan setelah operasi untuk menurunkan kemungkinan kanker datang kembali. Pada wanita dengan kanker payudara stadium lanjut, kemoterapi dapat membantu mengendalikan pertumbuhan kanker.  Efek sampingnya rambut rontok, mual, kelelahan, dan risiko tinggi infeksi.






Terapi Hormon
Terapi hormon adalah pengobatan yang efektif bagi wanita dengan kanker payudara ER-positif atau PR-positif. Ini adalah kanker yang tumbuh lebih cepat dalam menanggapi hormon estrogen atau progesteron. Terapi hormon dapat memblokir efek ini.  Hal ini paling sering digunakan setelah operasi kanker payudara untuk membantu menjaga kanker datang kembali. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kemungkinan kanker payudara berkembang pada wanita yang beresiko tinggi.

Obat Bertarget
Terapi (obat) bertarget adalah obat baru yang menargetkan sifat tertentu dalam sel-sel kanker. Sebagai contoh, wanita dengan HER2-positif kanker payudara memiliki terlalu banyak protein yang disebut HER2. Terapi target obat dapat menghentikan protein ini dari mempromosikan pertumbuhan sel kanker.  Obat ini sering digunakan dalam kombinasi dengan kemoterapi. Mereka cenderung memiliki efek samping lebih ringan dibandingkan dengan kemoterapi.

Rekonstruksi  Payudara
Banyak wanita yang mengidap kanker payudara dan memilih mengamputasi payudaranya melakukan operasi rekonstruktif. Operasi ini bertujuan menggantikan kulit, puting, dan jaringan payudara yang hilang selama mastektomi.  Rekonstruksi bisa dilakukan dengan implan payudara atau dengan jaringan dari tempat lain di tubuh Anda, seperti perut.  Beberapa wanita memilih untuk memulai rekonstruksi pada saat yang sama dengan mastektomi mereka. Tapi ada juga yang memilih bedah rekonstruksi di bulan atau tahun berikutnya. 

Lalu bagaimana cara pengobatan kanker payudara stadium 1 dengan obat herbal yang bersifat alami ?



Salah satu obat herbal untuk membunuh sel kanker adalah daun sirsak. Daun sirsak ini sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal. Sedangkan kemoterapi masih ada efek membunuh sebagian sel sel yang normal.