Kanker Payudara : Penyebab | Gejala | Jenis Kanker Payudara Stadium 1| Stadium 2 | Stadium 3 | Stadium 4 | Cara Pengobatan Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara Stadium 1

Share on :
Gejala Kanker Payudara Stadium 1 dapat dilihat dari ukuran benjolan kanker yang tidak melebihi 2 cm. Pada kanker payudara untuk stadium 1 biasanya tidak dapat terdeteksi dari luar. Berhubung kanker payudara hanya pada stadium 1 butuh perawatan yang sistematis dengan tujuan agar sel kanker tidak menyebar dan tidak berlanjut pada stadium yang lebih tinggi. Selain gejala di atas, pada stadium 1 biasanya penderita kanker payudara stadium 1 tidak menimbulkan nyeri dan benjolan kanker memiliki pinggiran yang tidak teratur.


Pada gejala kanker payudara stadium 1, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit. Pada stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Pada kanker stadium lanjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Kadang kulit diatas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.

Gejala Kanker Payudara Stadium 1 bisa dibagi menjadi lima kelompok, yaitu:

  • Gejala lokal : pembesaran atau pembengkakan yang tidak biasa seperti tumor, pendarahan, rasa sakit, dan lain-lain.

  • Gejala sistemik : berat badan turun, nafsu makan berkurang secara signifikan, serta kelelahan dan keringat yang berlebihan.
  •  Gejala pembesaran kelenjar getah bening (lymph node), batuk, hemoptisis, hepatomegali (pembesaran hati), rasa sakit pada tulang, dan gejala-gejala neurologis.
  •  Gejala angiogenesis yang merupakan interaksi antara sel tumor, sel stromal, sel endotelial, fibroblas dan matriks ekstraselular.
  •  Gejala migrasi sel tumor.








Apa penyebab kanker payudara stadium 1 ?

Penyebab Kanker Stadium 1 dibedakan menjadi 2 faktor, yaitu : faktor lingkungan (90-95%) dan faktor genetik (5-10%). Faktor lingkungan sebagai faktor penyebab kanker yang terbesar biasanya mengarahkan kepada kematian. Faktor-faktor ini meliputi rokok/ tembakau (25-30%), diet dan obesitas (30-35 %), infeksi (15-20%), radiasi, stres, kurangnya aktivitas fisik, polutan lingkungan.

Rokok adalah salah satu penyebab Kanker Stadium 1 paling besar yang masuk dalam faktor lingkungan. Merokok, terutama jenis sigaret, dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara) dan kandung kemih. Makanan adalah juga faktor penyebab penting lainnya untuk Kanker Stadium 1, terutama kanker pada saluran pencernaan. Diet tinggi serat mengurangi kemungkinan terjadinya kanker usus besar. Sedangkan diet yang banyak mengandung makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung.

Faktor penyebab Kanker Payudara Stadium 1 dari sisi lingkungan yang lain adalah radiasi. Radiasi ionisasi dan pemaparan yang berlebihan dari sinar ultraviolet, terutama dari sinar matahari, menyebabkan kanker kulit. Berikutnya adalah penyebab Kanker Stadium 1 dari faktor genetik. Faktor genetik berhubungan dengan riwayat keluarga. Resiko wanita untuk menderita kanker payudara meningkat 1,5-3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.




 Penanganan Kanker Payudara Stadium 1

Perlu penanganan serius untuk kanker payudara stadium 1 jika tidak maka sel kanker akan menyebar dan berlanjut pada stadium yang lebih tinggi. Harapan hidup penderita kanker payudara stadium 1 bisa mencapai 70%. Penanganan lain untuk mencegah sel kanker menyebar lebih lanjut adalah memperhatikan pola makan, jauhi makanan-makanan sbb :

- Buah: durian, lengkeng, nangka, duku, nanas, dan anggur.
- Air es, minuman beralkohol, dan soft drink.
- Sea food: udang, kerang, cumi, dan kepiting.
- Daging sapi, kambing, kerbau, dan babi.
- Daging ayam negeri, bebek, kalkun, dan burung.
- Makanan yang dibakar, dipanggang, dan digoreng berulang-ulang.
- Makanan yang diawetkan, termasuk ikan asin dan makanan kaleng.
- Sayur : tauge, sawi putih, kangkung, dan cabai.

Demikianlah artikel mengenai Gejala Kanker Payudara Stadium 1, baca artikel lebih lanjut mengenai artikel Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1.